JAMBORE KADER PUSKESMAS CILAKU

Dalam rangka mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, pembangunan kesehatan harus diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat setiap orang, dimana faktor penyebab utama permasalahan kesehatan adalah perilaku masyarakat, oleh sebab itu masyarakat sendirilah yang dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan pendampingan atau bimbingan dari pemerintah.

Saat ini, Kementerian Kesehatan sedang melakukan Transformasi Sistem Layanan Kesehatan Primer di setiap unit pelayanan kesehatan dasar dengan berfokus:
- Siklus hidup sebagai platform integrasi layanan kesehatan sekaligus sebagai platform penguatan promosi dan pencegahan.
- Mendekatkan layanan kesehatan melalui jejaring hingga tingkat desa dan dusun, termasuk untuk memperkuat promosi dan pencegahan serta resiliensi terhadap pandemi melalui penjangkauan komunitas termasuk kunjungan rumah.
- Memperkuat Pemantauan Wilayah Setempat (PWS) melalui pemantauan dengan dashboard situasi data kesehatan per desa.


Pos pelayanan terpadu (Posyandu) merupakan salah satu lembaga yang memberikan pelayanan sosial dasar kepada masyarakat di bidang kesehatan, dan dalam pelaksanaannya dapat disinergikan dengan layanan lainnya sesuai potensi daerah. Posyandu merupakan salah satu target dalam pelaksanaan integrasi layanan kesehatan primer dalam melaksanakan upaya promotif dan preventif serta membantu dalam identifikasi masalah kesehatan di tingkat keluarga melalui kunjungan rumah.

Kader posyandu merupakan garda terdepan untuk meneruskan program kesehatan kepada masyarakat. Ini kekuatan yang luar biasa, tentunya target yang didapatkan bagaimana penanganan awal tentang kesehatan kepada warganya, dan dapat mengikat tali silaturrahmi antara warga satu dengan warga yang lain serta meningkatkan kesehatan masyarakat di wilayah kerja Posyandunya.

Peningkatan kualitas kinerja Kader Posyandu berperan penting dalam meningkatkan fungsi Posyandu agar sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di Posyandu.

Salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja kader Posyandu dalam era transformasi Layanan Primer sangat diperlukan pembinaan kwalitas kader posyandu sebagai pengelolanya dalam bentuk Jambore Kader Posyandu.

Jambore Posyandu bertujuan untuk peningkatan kemampuan kader posyandu dalam komunikasi antar personal untuk mengajak masyarakat berprilaku positif terhadap kesehatan, menyediakan makanan sehat untuk keluarga, mampu membantu petugas kesehatan dalam memberikan layanan kesehatan dasar di Posyandu dan mampu melakukan kunjungan rumah dalam rangka pemantauan wilayah setempat.